REVIEW FILM ‘Veronica Guerin (2003)’

EKSISTENSI SEORANG JURNALIS

Veronica Guerin adalah sebuah film biografi yang diangkat dari kisah nyata milik Veronica Guerin. Veronica Guerin merupakan seorang jurnalis asal Irlandia dan bekerja di Harian Sunday Independent. Dia tengah membuat artikel tentang skandal obat bius dan narkotika yang melanda Irlandia pada tahun 1990-an. Kejahatan obat terlarang ini mampu menjerat masyarakat Irlandia khususnya orang muda, bahkan termasuk anak-anak untuk mengkonsumsinya. Bukan rahasia lagi bahwa bisnis obat terlarang ini adalah bisnis yang dapat meraup keuntungan besar. Bukan rahasia pula, roda bisnis obat terlarang ini digerakkan oleh pemodal besar dan melibatkan beberapa pejabat setempat bahkan kepolisian setempat pun terlihat turut campur dan tutup mata untuk kasus ini yang bahkan telah menelan banyak korban, khusunya anak dibawah umur.

Veronica Geurin yang diperankan oleh Cate Blanchett digambarkan sebagai sosok yang keras kepala, idealis, dan tomboi. Bersama dengan komitmennya sebagai seorang jurnalis dan kepeduliannya kepada rakyat irlandia, ia berusaha membongkar jaringan pengedar obat bius ini. Guerin yang memutuskan untuk membongkor perdagangan narkotika yang melibatkan anak dibawah umur ini meminta informasi dari salah seorang kenalannya yang bernama John Traynor. Traynor sendiri memberikan informasi kepada Guerin seputar bisnis haram ini.

John Gillian yang merasa dirinya terancam dengan artikel milik Guerin mengancam Traynor agar tutup mulut dan tidak memberikan informasi kepada Guerin. Traynor kemudian memberikan informasi palsu yang menyebut Gerry Hutch adalah sang bandar narkoba. Guerin yang kemudian sadar bahwa dirinya telah diberikan informasi palsu oleh Traynor lalu melakukan riset lapangan kembali untuk mencari siapa pelaku sebenarnya.

Guerin yang tidak memiliki perlindungan hukum tetap nekat melakukan investigasi untuk artikelnya walaupun telah diteror dan diancam orang tidak dikenal. Traynor yang mulai resah dengan kehadiran Guerin kemudian menyuruh seseorang untuk menembak Guerin yang kemudian tembakannya tidak berhasil membunuhnya karena meleset sehingga hanya mengenai kaki Guerin saja. Banyak jurnalis melihat kejadian penembakan yang terjadi kepada Guerin hanya sebagai drama panggung saja untuk menaikkan pamor Guerin sebagai seorang jurnalis. Seluruh keluarga Guerin meminta agar ia menghentikan artikelnya dan investigasinya namun dia tetap berkomitmen dan memegang teguh pendiriannya untuk melanjutkan artikelnya.

Setelah kasus penembakan yang terjadi kepadanya, ia memberikan surat kepada orang-orang yang dianggapnya sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap penembakan kepada dirinya. Guerin yang kemudian mendatangi kediaman Gillian untuk menanyakan seputar keterlibatannya dengan peredaran narkotika malah disambut dengan pemukulan yang langsung dilakukan oleh Gillian kepada Guerin. Tidak hanya cukup sampai disitu setelah kasus pemukulan yang dialami olehnya, ia mendapatkan ancaman melalui telepon. Gillian mengancam akan menculik anaknya kemudian memperkosa anaknya lalu membunuh Guerin. Guerin yang mulai tidak berdaya dengan ancaman tersebut sempat berpikir mundur untuk tidak melanjutkan artikelnya.

Guerin akhirnya memutuskan untuk melanjutkan artikelnya setelah menemui keterkaitan antara Traynor dengan Gillian seputar peredaran narkotika di Irlandia. Hingga pada tanggal 26 Juni 1996 ketika Guerin selesai menghadiri sidang tilangnya, ia ditembak sebanyak enam kali oleh dua orang pengendara motor di jalan Naas. Veronica Guerin meninggal ditempat dengan enam peluru bersarang ditubuhnya. Orang-orang yang berada dijalanan keluar menuju ke arah mobil Guerin dan seakan tak percaya bahwa sang jurnalis telah meninggal.

Pembunuhan terhadap Veronica Guerin dianggap sebagai pembungkaman terhadap demokrasi. Selama berminggu-minggu setiap harinya terjadi demonstrasi untuk penegasan terhadap kasus peredaran narkotika di Irlandia. Saat itu juga, undang-undang tentang penyitaan aset dan harta seseorang yang berbau kriminal disahkan. Para penduduk Irlandia pun menjadi lebih antusias dalam pemberantasan narkoba. Gillian dan kelompoknya pun berhasil ditangkap, dan Gillian ditahan dengan 28 tahun hukuman penjara. Traynor yang melarikan diri ke Meksiko pun akhirnya berhasil ditangkap dan dihukum di Irlandia. Setelah perisitwa ini angka kriminalitas di Irlandia berkurang 15 persen.

Di film Joel Schumacher ini memang ada berapa adegan yang direkayasa dengan tujuan mendramasitir cerita namun pesan dan target film ini yang menceritakan tentang perjuangan Veronica Guerin berhasil tercapai.

Semangat Veronica Guerin dan keberaniannya dalam mengungkapkan apa yang dilihat dan dirasakan harus menjadi sebuah api di dunia kewartawanan yang kemudian harus membakar dengan penuh semangat untuk mencari berita yang teruji kebenarannya. Seorang jurnalis harusnya dapat memberi kehidupan kepada sebuah kejadian yang kemudian dituangkannya kedalam sebuah tulisan. Dengan itu maka dunia kewartawanan pun akan dapat bertahan untuk mengungkapkan apa yang harus diketahui publik.

Peliputan yang telah dilakukan oleh Guerin sebenarnya sama sekali tidak melanggar hukum namun seringkali posisi seorang jurnalis yang berusaha menyingkapkan informasi yang sengaja ditutup-tutupi malah menjadi terancam dan mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak bahkan dari para jurnalis lain. Guerin telah meruntuhkan dunia kewartawanan yang kadang kalanya enggan turun tangan untuk masalah yang cukup mempunyai potensi menjadi sebuah topik hangat karena banyaknya pihak yang terlibat, baik para tokoh politik dan hukum sekalipun. Sosok Guerin menjadi pahlawan bagi para jurnalis dan masyarakat karena telah membuktikan perjuangannya tidak sia-sia. Semangat dan keberaniannya yang hanya demi sehelai informasi membawa perubahan yang sangat besar kepada Irlandia. Walaupun nyawanya menjadi taruhan tapi kehormatan juga telah dia dapatkan.

Veronica Guerin tetap tegak berdiri di atas prinsip kemanusian serta secara berani dan jujur menyampaikan apa yang terjadi di lapangan walau telah menerima serangkaian ancaman bahkan percobaan pembunuhan kepadanya. Dia terus maju memperjuangkan apa yang harus masyarakat ketahui. Sekarang ini dunia kewartawanan butuh banyak sosok seperti Veronica Guerin. Kurangnya para jurnalis yang memiliki idealisme dan komitmen tinggi layaknya Veronica Guerin membuat banyaknya konspirasi yang tidak dipublikasikan, sehingga dengan leluasa tetap terjadi sedangkan apabila mengandalkan kekuatan hukum tentu saja itu mustahil. Hukum yang seharusnya membela keadilan seakan-akan tutup mata dan mengikat tangannya untuk tidak turut campur tangan dan memilih berpihak kepada berbagai macam konspirasi. Hukum seperti sahabat para pelaku kejahatan. Digambarkan dari film Veronica Geurin, hukum tidak dapat berbuat banyak untuk menegakkan keadilan yang ada malah kemunafikan merajalela. Para polisi yang memiliki perlindungan hukum dalam melakukan investigasi malah cuci tangan sedangkan seorang jurnalis yang tidak memiliki perlindungan hukum berani turun tangan mengambil resiko. Bila para jurnalis pun sudah tidak mau turun tangan, siapa lagi yang akan menegakkan keadilan dan menyampaikan kebenaran.

Bukan berarti semua jurnalis harus menjadi seperti Guerin tapi alangkah baiknya seperti mengutip apa yang dilakukan olehnya, jurnalis harus berani dan siap bekerja dilapangan untuk memberitakan apa yang memang harus diberitakan kepada khalayakumum. Secara tidak langsung, jurnalis adalah salah satu dari tiang untuk sebuah negara.  Bila seorang jurnalis mampu mengungkapkan kebenaran maka itu membuktikan bahwa sebuah negara mempunyai sistem demokrasi yang baik namun apabila jurnalis turut bekerja sama untuk menutupi apa yang seharusnya diketahui oleh khalayak umum maka tidak ada lagi sistem demokrasi, bahkan mungkin tidak ada lagi kebebasan dalam berpendapat.

Mungkin merupakan sebuah paradoks intelektual jika berbicara tentang mendahulukan kepentingan umum, hiburan, keuntungan, atau kepentingan kebenaran sebagai sebuah kenyataan fakta. Memang syarat berita diminati adalah harus menarik perhatian konsumen atau jauh yang lebih luas, tentu perhatian masyarakat. Namun seringkali kata menarik perhatian konsumen malah dijadikan sebagai tameng untuk membuat berita yang sekedar menghibur ataupun hanya sekedar berita aktual yang sifatnya tidak membongkar hanya memberitahukan namun tidak mengkritisi apa yang telah terjadi dan berusaha menguaknya. Hiburan mungkin memang lebih diminati oleh masyarakat umum ketimbang permainan politik, konspirasi hukum, dan sebagainya namun alangkah baiknya semua berita itu menjadi seimbang antara hiburan ataupun berita intelektual. Namun sangat disayangkan dibalik itu semua masih ada permasalah yang menyalahi aturan, sebagai contoh adalah bahwa kecepatan penyajian berita menjadi tolak ukur utama daripada fakta tentang isinya sendiri bahkan sering terjadi pelanggaran kepada kode etik jurnalistik sendiri.

Kemudian masih ada hal yang ditakutkan bahwa media kemungkinan hanya menjual headline yang provokatif bukan konten beritanya lalu ada kemungkinan juga bahwa sekarang dunia kewartawan melakukan pemolesan fakta yang ada sehingga apa yang disampaikan menjadi ambigu dan memungkinkan untuk membentuk opini yang bias kepada masyarakat.

Hidup adalah soal keberanian dan kejujuran. Dunia kewartawanan harus diisi dengan kehidupan seperti itu. Keberanian dan kejujuran ibarat sebuah benang merah yang tidak boleh diputuskan dalam prinsip hidup di dunia kewartawanan. Di dunia kewartawanan-pun harus mengalir darah patriotisme, nasionalis. Mungkin menghidupkan kembali sosok Veronica Guerin didunia kewartawanan sudah tidak mungkin namun yang masih bisa dilakukan adalah kembali menebar benih dan menumbuhkan semangat seperti Guerin kepada jurnalis lainnya.

Seorang jurnalis harus memiliki wawasan yang luas dalam berbagai bidang, meskipun mungkin di media tersebut dia memiliki spesialisasi karena hal itu sangat mendukung kegiatannya dalam mendapatkan dan menggali informasi. Seorang jurnalis yang benar tidak akan melewatkan informasi yang penting, meskipun itu bukan tugasnya atau sedang tidak bertugas. Seorang jurnalis harus berani keluar dari lingkaran aman dan berani terjun ke arah yang lebih dalam. Tidak hanya sekedar berenang namun harus berani menyelam.

Dunia kewartawanan tidak hanya sekedar mencari berita kemudian mempublikasikannya, tapi juga mengkaji berita, meriset hal itu, dan mengkajinya dalam tulisan yang komprehensif dan dapat dipertagungjawabkan. Jelas, komitmen dan tanggung jawab adalah modal awal untuk menjadi seorang jurnalis.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s