Apa pentingnya sih DEMONSTRASI?

Pergerakan  mahasiswa pada tanggal 27 maret 2012 nanti sedikit menarik perhatian gua, entah yang ada disitu apakah mahasiswa yang memang secara idealisme nya ingin pro rakyat atau mungkin hanya mahasiswa-mahasiswa oportunis  atau bahkan mahasiswa yang hanya mengatasnamakan rakyat namun sebenarnya menjunjung tinggi perut mereka.

Apa pentingnya sih demonstrasi?

gua sendiri berpendapat bahwa demonstrasi itu adalah pilihan bukan patokan, disaat sudah tidak ada pilihan lain maka turunlah kita selaku mahasiswa ke jalan. Demonstrasi terbukti efektif terlihat dari masa ke masa namun sayang ke efektifan tersebut tidak berlangsung lama atau bisa dibilang tidak bersifat permanent.

Gie pernah bermimpi,

Saya mimpi tentang sebuah dunia,

Dimana ulama – buruh dan pemuda,

Bangkit dan berkata – Stop pada kemunafikan,

Stop semua pembunuhan atas nama apa pun.

 

Dan para politisi di PBB,

Sibuk mengatur pengangkutan gandum, susu, dan beras,

Buat anak-anak yang lapar di tiga benua,

Dan lupa akan diplomasi.

 

Tak ada lagi rasa benci pada siapapun,

Agama apa pun, rasa apapun, dan bangsa apapun,

Dan melupakan perang dan kebencian,

Dan hanya sibuk dengan pembangunan dunia yang lebih baik.

 

Tuhan – Saya mimpi tentang dunia tadi,

Yang tak akan pernah datang.

Setelah membaca itu, gua sadar kita tidak akan bisa menciptakan sebuah negara yang ideal bahkan sebuah dunia yang ideal tanpa kekerasan, diskriminasi dan kebencian. Kita tidak bisa mengharapkan segalanya akan selalu baik mungkin itu yang menyebabkan Demokrasi tidak bisa bersifat permanen karena dunia bagaimanapun caranya harus selalu seimbang seperti Yin dan Yang atau ada yang Jahat dan yang Baik. Kita tidak bisa memaksakan itu semua.

Kita terlalu takut untuk mengakui kebenaran bahwa kita tidak bisa menciptakan suatu keidealan atau lebih tepatnya yang sedang diperjuangkan sekarang ‘keadilan’. Tuntutan demi tuntutan selalu melayang.

Yah, memang…. memang itu mungkin terpenuhi

namun hanya sesaat…

Euphoria yang hanya sesaat… Kesenangan yang hanya bersifat sementara…

kemudian…

kembalilah ketidakadilan yang merajalela…

seperti sebuah siklus…

timbullah tuntutan-tuntutan baru, aksi – aksi baru…

disamping itu semua, ada yang baru… yang selalu baru di siklus itu…

Bahwa sumber daya manusia selalu berbeda mindset nya dan semakin berkembangnya zaman mereka semakin oportunis.

Sedih memang…

gua tidak men-judge bahwa demonstrasi itu adalah kegiatan useless tapi lebih ke arah bahwa kegiatan demonstrasi adalah pilihan bukan sebagai patokan. Akhir-akhir ini ketika pengumuman BBM akan Naik, gua sempat berfikir ‘mau dibawa kemana rakyat?. kenapa pemerintah kerjanya cuman naikkin barang saja sesuka hati’.

gua menyalahkan pemerintah, mengutuk mereka dan ingin penolakan terhadap kenaikan BBM…

kemudian tersadarlah gua, ketika hari itu, ketika saat itu, hal yang sering kita lihat bahkan kita lakukan tapi kita tutup mata dan tidak peduli. Kenyataan pahit bahwa kaum-kaum borjuis pun menikmati hasil subsidi yang seharusnya diberikan oleh rakyat miskin. guayakin atau mungkin bertaruh lah pada gua bahwa mereka yang akan turun dijalan  pada tanggal 27 maret 2012 nanti pasti ada kaum borjuis yang menikmati apa yang seharusnya dia tidak dia nikmati.

kemudian….

kini, saya berfikir…

apa terlalu dini menyimpukan harus menolak kenaikan harga BBM?

sedangkan masih banyak yang seharusnya diperjuangkan…

apa gunanya mempertahankan harga BBM yang bersubsidi?

kalau-kalau masih saja banyak terjadi hal-hal kotor,

hal-hal munafik,

di negeri ini. 

 

Saya kemudian bertanya pada diri saya sendiri…

apa dampak negatif bila harga BBM dinaikkan?

apa dampak positif bila harga BBM dinaikkan?

apa dampak negatif bila harga BBM tetap disubsidi?

apa dampak positif bila harga BBM tetap disubsidi?

 

apa benar harga BBM NAIK = Liberalisasi terhadap rakyat miskin…?

timbul pertanyaan-pertanyaan sederhana di pikiran gua.  kemudian jawaban-jawaban kecil namun mungkin jarang dipikirkan oleh orang lain. Apabila Harga BBM tetap disubsidi toh masih akan ada tetap ketidakadilan dinegara ini, rakyat semakin merugi akibat kaum-kaum borjuis yang menikmati apa yang tidak seharusnya kemudian memang bila harga BBM tidak disubsidi lagi rakyat akan semakin tercekik dan semakin menderita karena apabila harga BBM tetap naik maka seperti hukum alam semua harga akan naik dan melambung tinggi.

gua melihat melalui mata, dan pikiran. Dua hal paling dominan didalam apa yang gua rasakan. gua enggak ingin memakai ‘hati’ karena penilaian yang biasanya menggunakan hati ujung-ujungnya tidak akan bersifat ‘objektif’.

gua enggak akan melontarkan apa yang semuanya telah gua pikirkan. mungkin belum saatnya, namun yang pasti….

pengharapan yang gua inginkan adalah di 27 maret 2012 itu, terlepas dari apakah BBM akan terus di subsidi atau BBM akan tetap naik, gua lebih mengharapkan mahasiswa yang turun ke jalan itu adalah…

1. Mahasiswa yang secara idealisme memang ingin turun,

2. Mahasiswa yang memang sudah ahli dalam urusan ini,

3. Mahasiswa yang dengan hati murninya memang ingin menyuarakan hati rakyat,

4. Mahasiswa yang dengan tegas akan tetap maju dan tidak melemah,

5. TIDAK ADA MAHASISWA – MAHASISWA OPORTUNIS.

Rindu melihat mahasiswa dengan semangatnya yang tinggi ingin berjuang demi rakyat. Pro rakyat. tapi dimata gua sekarang. Seringkali melihat mahasiswa-mahasiswa yang turun ke jalan hanyalah mahasiswa-mahasiswa yang mengais rezeki karena kelaparan atau mahasiswa-mahasiswa yang memang hanya ingin dibayar saja. Sesak rasanya melihat itu semua…

terlebih lagi takkala mendengar alasan mereka ikut ber-demonstrasi…

hanya karena dapat uang dan makan gratis mereka ikut berdemonstrasi!

KEMANA MAHASISWA YANG DULU!!!!

terlepas dari apa yang akan mereka lakukan nanti salah atau benar,

terlepas dari apa yang akan mereka lakukan nanti itu sudah mereka pikirkan sampai matang atau belum,

mungkin yang paling gua harapkan adalah bahwa ini adalah memang gerakan mahasiswa yang pro rakyat dan tidak ada unsur-unsur munafik lainnya….

bukan berarti gua membela BBM harus tetap bersubsidi atau bukan berarti bahwa gua menginginkan harga BBM tetap naik,

itu tetap gua simpan di pikiran gua dan akan gua sharing suatu saat nanti.

tapi yang ada disini adalah pengharapan kepada ‘mahasiswa’ yang akan datang nanti adalah mahasiswa-mahasiswa yang akan bisa belajar dari kesalahan, masa lalu, dan bisa berfikir kritis untuk kedepannya bukan mahasiswa-mahasiswa yang hanya ingin dibayar saja.

2 thoughts on “Apa pentingnya sih DEMONSTRASI?

  1. Krisis identitas sudah mewabah di kalangan mahasiswa, pendigdayaan mengenai tujuan mereka diberikan julukan “mahasiswa”pun rasanya sudah tidak terasa. Mahasiswa merupakan elemen masyarakat yang independent, tidak bergantung kepada suara-suara yg mempunyai kepentingan, tidak harus membalas budi kepada elemen-elemen yang berkuasa; hanya cukuplah–tetapi sulit untuk dilaksanakan–menyuarakan pendapat mereka menurut disiplin ilmu yang mereka anut, tetapi yang terjadi malah yang lain. Semoga para mahasiswa mampu untuk mencerahkan pikirannya bahwa tidak selamanya harga naik merupakan kiamat kecil, tetapi memang sudah saatnya kita berhenti didelusi oleh kain penutup mata yang nyaman bernama “Subsidi”.

    1. dan semoga kedepannya mahasiswa bisa mengambil keputusan sendiri, berani mangatakan TIDAK dan berani berbeda dari kebanyakan orang lain/mahasiswa lain dengan satu kondisi dia yakin dan percaya bahwa keputusannya adalah benar dan sesuai dengan ‘yang seharusnya’.

      kadang2 bahkan ada yang pernah bilang ‘kalau mahasiswa belum pernah demo mending mati aja.’ apa dengan begitu mahasiswa akan di cap ‘MAHASISWA’ kalau sudah berdemo, kurangnya pengetahuan tentang arti demo dan mahasiswa sebenarnya membuat mungkin opini yang timbul bahwa mahasiswa yang sebenarnya adalah mahasiswa yang mengaspirasi suara rakyat dan berani turun kejalan itulah yang dinamakan MAHASISWA.

      padahal tentu saja tidak sesimpel dan semudah itu yang dinamakan sebagai ‘MAHASISWA’.

Leave a Reply

