REVIEW “BATES MOTEL” SEASON 1 (2013)

ITS NOT JUST A MOTEL…. IT’S A ‘BATES MOTEL’

(Hitchcock should be proud of this tv show!)

 BatesMotelTitle

 

Pernahkah kalian mendengar kata ‘bates’? , apa yang akan berada di benak kepala kalian ketika mendengar kata itu?. Well, I think everyone should know about it but let me guess… there is several people who really doesn’t know about that name.

Bates! Saya selalu teringat dengan teriakan dikamar mandi dimana adegan tersebut adalah salah satu adegan legenda disebuah film mahakarya milik Alfred Hitchcock, ‘PSYCHO’ (1960). Ketika saya pertama kali menyentuh film tersebut, well I know he is must be really proud to give everything he had to making PSYCHO.

Ada baiknya sebelum membahas tentang TV series ini kita akan melirik apa yang telah diceritakan sebelumnya di PSYCHO. PSYCHO (1960) menceritakan tentang Norman Bates yang mengalami gangguan mental dengan memiliki lebih dari satu kepribadian dan salah satu kepribadiannya adalah kepribadian ibunya dimana Norman terkadang menjadi ibunya sendiri. Konflik didalam film PSYCHO muncul ketika kedapatan diketahui hilangnya karryawati yang telah melarikan uang ratusan dolar dan ternyata telah dibunuh oleh Norman Bates.

anthony perkins - PSYCHOAnthony Perkins as NORMAN BATES

 

Well, cukup sampai disitu sebelum akan ada spoiler yang tidak dikehendaki lebih lanjut.

 

BATES MOTEL adalah sebuah tv series yang menceritakan tentang masa remaja Norman Bates dan ini berarti Bates Motel merupakan prequel dari PSYCHO. Bates Motel menceritakan tentang kehidupan seorang ibu dan anak, yaitu Norma Bates dan Norman Bates.

Cerita Bates Motel dimulai ketika kematian ayah Norman yang membuat Norma ingin memulai hidup yang baru dan akhirnya membeli sebuah motel yang diberinya nama ‘Bates Motel. Norma yakin dengan kepindahannya ke kota White Pine Bay, Oregon dia akan bisa memulai hidup dari awal bersama dengan anak kesayangannya Norman.

Freddie Highmore - Norman BatesFreddie Highmore as NORMAN BATES

Sayang, apa yang diharapkan oleh Norma ternyata jauh dari kenyataan. Konflik pertama terjadi ketika pemilik terdahulu motel tersebut, Keith Summer berusaha mengancam Norma dan berusaha untuk memperkosa dia. Norma yang hendak diperkosa berusaha melawan habis-habisan bersama dengan Norman dan tanpa sengaja Norma membunuh Keith. Norma yang panik akhirnya memutuskan membuang mayat Keith ke dasar danau dibantu dengan Norman.

Vera Farmiga - Norma BatesVera Farmiga as NORMA BATES

Norma yang merasa hidupnya tenang akan tersembunyinya fakta akan kematian Keith Summer tidak dapat bernapas lega dengan kedatangan anak pertama dia, yaitu Dylan Bates dimana Norma sangat tidak menyukai Dylan dan berharap Dylan pergi dari kehidupannya sedangkan dilain sisi Dylan juga sangat membenci Norma karena kebencian Norma kepadanya yang tidak diketahui sama sekali alasannya oleh dia.

Max_Thieriot_as_Dylan_BatesMax Theriot as DYLAN BATES

Ketika semua berpikir aman walaupun kedatangan Dylan cukup menganggu suasana keluarga Bates masalah kemudian kembali datang ketika mayat Keith Summer ditemukan dan Norma merasa panik karena kedapatan Norman menyimpan belt milik Keith Summer yang pada akhirnya ditemukan oleh Deputy Zack Shelby. Shelby yang menemukan belt tersebut tidak melapor kepada Sheriff Alex Romero namun malah berusaha membantu Norma untuk menyembunyikan perihal masalah tersebut dalam-dalam.

Norma yang merasa ada yang membantu kehidupannya kemudian berusaha memanfaatkan Shelby dengan menjadikannya kekasihnya namun disisi lain Norma sebenarnya sama sekali tidak menyukai Shelby.

Kisah berputar dimana ketika Norman bertemu dengan Bradley Martin dan akhirnya jatuh cinta kepadanya. Ayah Bradley yang dibakar hidup-hidup di kota membuat Bradley berusaha untuk terlihat tenang namun gelisah dan kemudian Bradley memanfaatkan Norman. Norman yang merasa dikhianati bergitu sakit hati namun tetap menyukai Bradley walaupun dia sama sekali tidak menyadari bahwa ada perempuan yang telah jatuh cinta kepadanya, yaitu Emma Decody.

olivia-cooke-as-emma-decodyOlivia Cooke as EMMA DECODY

Emma yang merupakan sahabat Norman memutuskan untuk mengenalkan Norman kepada ayahnya yang menyukai taxidermy dan disitulah dimana awal mula Norman menyukai bidang taxidermy. Emma yang diam-diam jatuh cinta kepada Norman juga mengetahui bahwa sebenarnya Norman menyukai Bradley namun tidak dipikirkannya hal tersebut malah Emma membantu Norman.

norman and taxidermyNorman with his toys

Kemudian Emma yang tidak mempunyai sosok ibu merasa jatuh hati dengan Norma sehingga memutuskan untuk bekerja paruh waktu di Bates Motel dimana disana dia menganggap dirinya mempunyai keluarga yang utuh.

Konflik terus terjadi didalam Bates Motel dimana ketika akhirnya diketahui bahwa kematian ayah Norman disebabkan oleh Norman dimana ketika Norman mengalami ketidaksadaran (blackouts) dia membunuh ayahnya sendiri tanpa mengingat kejadian tersebut seolah-olah orang lain didalam dirinya yang melakukan hal tersebut.

 

Tv series Bates Motel memulai dengan kesederhanaan dan berusaha memikat dengan tawaran twist yang tidak akan disangka-sangka (tidak beruntung bagi kamu yang telah menonton PSYCHO, we know everything, guys). Bates Motel memiliki tokoh-tokoh yang kuat terutama pada pemilihan peran Norman Bates yang diberikan kepada Freddie Highmore. Tentu dipikir-dipikir ini akan menjadi masalah ketika kita sebagai orang-yang-telah menonton PSYCHO sangat sadar begitu dalamnya karakter yang berada didalam Norman Bates yang diperankan oleh Anthony Perkins. Tentu akan menjadi sebuah homework untuk Freddie Highmore dalam menghidupkan kembali karakter Norman Bates. Dan ternyata dia melakukannya dengan sangat baik dan bahkan seakan-akan dia adalah the second Anthony Perkins !.

Kemudian permasalahan yang seharusnya ada ketika dalam pembuatan Tv series ini menurut saya adalah menghidupkan karakter Norma Bates yang hanya terlihat tersirat didalam film PSYCHO tentu ini akan sangat fatal ketika terjadinya kesalahan pemilihan peran dan karakter Norma Bates akan mati. But, Vera Varmiga berhasil menghancurkan semua skeptis yang ada dengan memainkan karakter Norma Bates yang sangat tidak disangka-sangka. Manipulative and liar. She is so adorable to play this character.

Hingga pada akhirnya, peran-peran tersebut dipegang oleh orang-orang yang sangat cocok dan berhasil membuat saya selaku penonton merasa ini adalah dunia Norman Bates dan ini adalah akar dimana akan terjadi PSYCHO nantinya.

Balik kembali, overview didalam cerita buat saya cerita didalam tv series ini terlalu berbelit-belit dan bahkan disetiap episode sama sekali tidak ada ruang tanpa adanya masalah sehingga serasanya cerita didalam tv series ini sangat padat dan menyesakkan. Untuk saya pribadi, saya merasa sesak menonton tv series ini dan merasa terkadang ada hal yang konyol yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dengan bagaimana seakan-akan terdapat gangster-gangster yang menguasai kota White Pine Bay, Oregon dalam hal pendistribusian marijuana.

Well, sepertinya tidak banyak orang yang complain dalam hal tersebut cuman sesungguhnya saya sangat menantikan sebuah trigger hebat tentang kehidupan Norma Bates ini yang belum saya temukan di musim pertamanya.

Bates Motel sendiri terlah menginjak musim keduanya dan berada di ujung puncak final episode untuk musim keduanya .

Setidaknya, Tv series ini sangat dapat dinikmati untuk kalian yang telah maupun belum menonton PSYCHO (1960). Dan seharusnya Alfred Hitchcock akan sangat berbangga hati karena telah tercipta suatu maha karya tentang dunia Norman Bates.

 

Bates-Motel-Season-2-banner

 

 

08

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s