REVIEW “SHAMELESS” SEASON 1 (2011)

TRUE FAMILY, IT IS?

(You will be meet with an a addict, biopolar, mental, sickness, illness, gangster, and every crazy things in your television.) – Shameless

Shameless-US-Season-1

Ketergantungan terhadap alkohol (alchoholic), mempunyai enam anak yang tidak diurus, memiliki istri pengidap biopolar, mempunyai catatan kriminalitas yang tinggi serta hidup di neighbourhood yang suram, well itulah kehidupan ‘Frank Gallagher’ sebagai tokoh utama didalam sebuah tv series drama-komedi ini.

frank gallagherFrank Gallagher

Shameless merupakan sebuah Tv series remake dari Tv series aslinya yang berasal dari UK yang berjudul sama. Shameless pada intinya menceritakan tentang kehidupan keluarga Gallagher yang keras dan kasar dari sebuah kehidupan. Ada Fiona Gallagher, Philip Gallagher, Ian Gallagher, Debbie Gallagher, Carl Gallagher, dan Liam Gallagher yang dimana mereka semua adalah anak dari seorang pemabuk Frank Gallagher dan pengidap biopolar Monica Gallagher.

Serba full with a fucking mess adalah point yang menggambarkan keseluruhan TV series ini dimana mereka semua bertahan hidup didalam satu rumah bersama dengan ayah mereka yang pemabuk berat (monica- well she is gone for awhile).

 shamelss

Big Family – Gallagher

Fiona – sebagai seorang kakak tertua dikeluarga Gallagher dia mempunyai kewajiban penting untuk ibaratnya menjaga keutuhan keluarga ditengah-tengah kekacauan yang dibuat oleh Frank. Fiona bekerja sebagai pekerja lepas yang harus memenuhi kebutuhan kelima adiknya tanpa adanya campur tangan oleh Frank. Bukan keluarga Gallagher namanya kalau tidak ada kegilaan yang dibuat oleh masing-masing tokoh ini.

Fiona yang ingin melepas kepenatannya berjalan di downtown dan berpesta, berdansa, dan berteriak kegirangan disebuah bar bersama dengan sahabatnya, Veronica Fisher. Didalam bar tersebut dia tersangkut masalah dan dibela oleh seorang laki-laki tidak dikenalnya. Kemudian, laki-laki tersebut mengenalkan namanya sebagai Steve dan berakhir dirumah Gallagher – you know what happens next, right?

Masalah kemudian datang dengan adanya sebuah kontiunitas hubungan antara Fiona dan Steve dimana Fiona merasa Steve tidak cocok dengan dirinya karena ia merasa Steve adalah anak orang kaya yang tidak akan mengerti tentang gelapnya kehidupan dia. Well, she is wrong than ternyata Steve adalah seorang pencuri mobil kelas kakap and they are absolutely become a couple than.

SHAMELESS

Fiona Gallagher and Steve

Ditengah-tengah hubungan antara Fiona dan Steve, kita akan berlari ke-kepenatan yang dialami oleh Ian sebagai anak ketiga dikeluarga Gallagher. Ian adalah seorang homoseksual yang menjalin hubungan gelap dengan pria pemilik toko tempat dia bekerja. And for the craziest things is pria yang menjalin hubungan dengan Ian tersebut adalah seorang muslim dan telah memiliki istri serta anak. Ian yang bahagia dengan pria tersebut ternyata terpaksa terkena damprat dari saudaranya, Philip (bisa dipanggi – Lip – ). Lip yang mengetahui Ian gay tidak merasa masalah dengan hal tersebut namun dengan Ian menjalin hubungan dengan seorang pria yang beristri lah yang menjadi poin permasalahan tersebut.

Walaupun pada akhirnya, Lip tidak mempermasalahkan itu dan membiarkan Ian menikmati hidupnya. Ian kemudian mendapatkan konflik lagi ketika dia membela Mandy Milkovich– teman sekelasnya. Mandy kemudian jatuh hati dan berusaha mendapatkan hati Ian namun well, Ian is gay and she is absolutelly cant make him hard.

Mandy yang merasa dirinya tidak memiliki daya tarik marah dengan Ian dan mengancam akan melukainya – well, the best part is Mandy dan Ian pada akhirnya menjadi seorang sahabat dan Mandy memutuskan untuk berpura-pura menjadi kekasih wanita Ian sehingga Ian tidak disangka sebagai seorang gay.

ian and mandyMandy ( girl) and Ian (man)

Selain itu, karakter selanjutnya adalah kehidupan Lip yang bertemu dengan Karen Jackson akibat Lip mengajarkan Karen agar lolos dari test biologi. Ditengah-tengah itu Sheila Jackson – ibu Karen jatuh hati dengan Frank walaupun Sheila masih memiliki suami, Eddie Jackson. Lingkaran kehidupan antara mereka semakin gila dengan tersebarnya video porno hubungan seks antara Karen dengan Frank.

philip gallagherJeremy Allen White as Philip ‘Lip’ Gallagher

 

Itulah sekelumit kerumitan dalam cerita shameless dimana dalam satu season ini masih terdapat banyak sekali masalah yang akan terjadi. Di musim pertamanya tokoh paling sentral adalah Fiona Gallagher diikuti dengan masalah pribadi karakter Lip Gallagher dan Ian Gallagher. Bukan shameless namanya kalau tidak ada twist yang bikin ibaratnya FUCK IT, DUDE!.

Sebagai sebuah Tv series remake tentu saja memiliki bayang-bayang terhadap original stories-nya yang akan menjadi penentu keberhasilan Shameless ini tapi sayangnya selamat tinggal Shameless UK karena Shameless US berhasil membuat sesuatu sangat nyata tentang life, love, and tragedy.

Shameless US memadukan sebuah cerita drama tanpa batas yang diselingi dengan komedi yang tidak mendominasi namun berhasil mengocok perut kita habis-habisan dengan komedi yang sangat in the context. Pemilihan karakter pada Shameless US ini juga dipuji habis-habisan apalagi membawa nama William H. Macy sebagai Frank Gallagher, serta Joan Cusack sebagai Sheila Jackson yang merupakan salau satu karakter pemiliki sifat aneh. Sheila Jackson menderita agrophobia .

sheilaJoan Cusack as Sheila Jackson

Emmy Rossum yang memerankan Fiona Gallagher pun patut mendapatkan pujian outstanding acting untuk peran yang dimainkannya secara emosional dan sangat sempurna. Emmy Rossum berhasil membawa Fiona – yang memiliki rasa cinta, tabah, jahat, benci, dan sarkas. Selain itu juga terdapat salah satu karakter yang kuat dan begitu membingungkan yaitu Mickey Malkovich yang diperankan oleh Noel Fisher. Mickey sendiri adalah seorang sosiopat yang gay namun homophobia. Kekompleksitasan personal Mickey berhasil dibawa dengan sangat baik oleh Noel Fisher. jangan lupakan pula peran yang dimainkan oleh Shanola Hampton sebagai Veronica Fisher yang nakal, pencuri, dan adorable.

ShanolaHampton7Shanola Hampton

 

Setiap cerita, setiap kata, setiap emosi, setiap peluh, setiap stress yang ditawarkan oleh Shameless di musim pertamanya ini membawa kita semua menjadi satu dan menggebu-gebu mencari tahu tentang kehidupan keluarga Gallagher selanjutnya.

 

10

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s