REVIEW “ORPHAN BLACK” SEASON 1 (2013)

NOT JUST AN ORPHAN

(Another crazy series from BBC) – ORPHAN BLACK

 

“Apa yang akan kamu bayangkan bila tengah berapa disebuah peron stasiun dan melihat seseorang yang bertindak tanduk mencurigakan lalu kemudian kamu memutuskan berjalan dengan pelan-pelan berusaha mendekati orang tersebut, orang tersebut kemudian terdiam mematung dan memunggungi kamu sehingga kamu tidak bisa melihat wajah orang tersebut lalu ketika kamu semakin mendekat kepada orang tersebut, dia lalu berbalik badan dan kamu berdua sama-sama melihat. Kamu dan dia terlihat sama persis ibaratnya saudara kembar. Dan dengan cepat orang yang memiliki wajah persis seperti denganmu berjalan dan membiarkan dirinya tertabrak kereta”.

sarah manningSarah Manning

 

Beth ChildBeth Child

Itulah permulaan dari tv series ini yang mungkin akan sedikit membuat kita berjaga-jaga apa yang akan diberikan oleh tv series dari BBC ini. well, sempat merasa tidak optimis terhadap series ini ketika di pilot episodenya, Sarah Manning yang telah melihat seseorang dengan wajah sangat mirip dengan dirinya memutuskan untuk bunuh diri lalu mengambil tas wanita tersebut dan pada akhirnya memutuskan untuk memalsukan kematiannya dengan membuat seakan-akan perempuan yang sangat mirip dengan dirinya itu adalah dia yang telah meninggal dibantu saudara laki-lakinya, Felix Dawkins dan dia mengganti identitas dirinya menjadi Beth Child. Hal itu semua dia lakukan untuk mendapatkan uang senilai $75.000 agar dapat tinggal bersama dengan anaknya, Kira dan saudara laki-lakinya, Felix.

Seperti seakan-akan ini hanyalah sebuah tv series biasa drama, romance, full with hatred kelak nantinya. Membayangkan Sarah yang menyamar menjadi Beth kemudian mengalami kekisruhan dan ternyata mereka adalah saudara kembar terpisahkan. Well, its suck btw if the creator let that happen, but thanx god it did not.

Sarah Manning sama halnya dengan Beth Child sama-sama berasal dari panti asuhan atau dengan kata lain adalah seorang anak yatim piatu. Tapi yang jadi permasalahan adalah apa yang membawa Beth bunuh diri dan kemudian Sarah yang mengambil posisi menjadi Beth menemukan sebuah permasalahan baru yang membuatnya masuk menuju kegelapan seorang anak yatim. Sarah menemukan yang lain – terdapat Kotja, Allison, Cosima, dan Helene yang merupakan orang dengan berparas atau berwajah sama dengannya. Hingga pada akhirnya diketemukanlah 9 orang dengan mempunyai wajah yang sama persis.

Cosima (another clon)Cosima (another clon)

Clon. Terkaget-kaget Sarah mengetahui bahwa dirinya adalah seorang clon bersama dengan kesembilan orang lainnya (untuk saat ini). yang menjadi permasalahan berikutnya adalah, para clon ini kemudian dibunuh secara satu persatu dan itu yang membuat mereka, yaitu Sarah, Cosima, Allison berusaha mengungkap siapa pencipta mereka dan siapa pembunuh mereka. Dilain sisi, para clon yang lain tidak bisa memiliki anak dan Sarah memiliki anak kandung, Kira yang merupakan sebuah anomali.

 Kira (the anomali girl)Kira (the anomali girl)

ORPHAN BLACK merupakan sebuah tv series yang memilki genre sci-fic namun seakan-akan tidak terlihat sci-fic pada awalnya dan tentu ini menjadi suatu ke-khas series ini sendiri, mengingat salah satu serial sci-fic BBC yaitu, Doctor Who yang dipenuhi dengan futuristiknya sedangkan Orphan Black menampilkan kesederhanaan dalam hal futuristiknya. Series ini memulai pilot yang sebenarnya gambling karena bisa menimbulkan perkara akan mau dibawa kemana ceritanya dan yang pasti ketika telah menonton episode kedua jelas pilot dari series ini sangat cerdas dan brilliant.

ORPHAN BLACK adalah tv series yang serius, cerdas, dan seksi. Menawarkan tema cloning yang tidak dihadarikan pada umumnya (dipenuhi dengan gaya futuristik masa depan yang luar biasa). Dengan Tatiana Maslany yang sanggup memerankan berbagai karakter tentu saja menjadi hal yang sangat istimewa bagi tv series ini. tidak dapat membayangkan bagaimana Maslany memerankan karakter Sarah yang sangat rock-n-roll, Allison yang sangat hipokrit dan paranoid, Cosima yang sangat scientist hingga Helene yang sangat sikopat. Hal-hal sesederhana inilah yang menjadi pondasi awal kenapa series ini sangat menjanjikan.

another clon who procloneanother clon who is a proclone

Mengingat dimusim pertamanya, Orphan Black telah mendapatkan banyak fans tentu saja kehadiran musim keduanya ditahun ini sangat dinantikan dengan pengharapan kejutan-kejutan apa saja yang akan ditawarkan nantinya oleh series yang akan mungkin menjadi salah satu series unggulan BBC ini.D

vlcsnap-2014-05-01-01h05m12s140Paul (Dylan Bruce)

 

08

Advertisements

2 thoughts on “REVIEW “ORPHAN BLACK” SEASON 1 (2013)

    1. hahahaha memang agak sedikit bertele2 cuman agak terpikat gara2 episode pertamanya yang out of the box dpikir cuman kayak kisah anak kembar tertukar ternyata tentang clon.

      give it a try for me

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s