REVIEW MINI SERIES ‘ROSEMARY’S BABY’ (2014)

IT’S NOT WHAT YOU’RE EXPECTING

 

Setelah kehilangan bayinya pasangan Woodhouse, Rosemary dan Guy memutuskan untuk pindah ke Paris berkat bantuan teman mereka, Julie yang mempromosikan Guy di Universitas dia bekerja sebagai seorang dosen. Guy yang melihat tawaran baik ini menyambutnya dengan senang hati sembari tetap berusaha menjadi seorang penulis walaupun sedang mengalami writer’s block.

Patrick J. Adams as Guy WoodhousePatrick J. Adams as Guy Woodhouse

Rosemary yang merasa mendapat sebuah kesempatan baru dengan tinggal di Paris ternyata tidak sesuai dengan harapannya. Dimulai dengan pertemuan pertama dia dengan Margaux Castavet dimana Rosemary mengembalikan dompet Margaux yang telah dicuri oleh seorang anak asing. Margaux yang merasa hutang budi kepada Rosemary kemudian mengajak Rosemary dan Guy untuk menghadiri pesta dirumahnya. Disanalah mereka bertemu dengan Roman Castavet.

Roman Castavet adalah seorang pemilik apartemen mewah, bernama La Chimere. Suatu ketika, tempat tinggal Rosemary dan Guy mengalami kebakaran dan mereka tidak dapat tinggal disana sehingga Roman dan Margaux menawarkan diri untuk meminjamkan salah satu kamar di apartemen mereka agar dapat ditinggal oleh mereka. Rosemary yang memiliki rasa penasaran merasa sedikit janggal dengan kebaikan dari pasangan Castavet ini.

vlcsnap-2014-05-18-17h39m16s156Margaux (Carole Bouqet) dan Roman (Jason Isaacs)

Tinggal di La Chimere bagaikan tinggal di sebuah Istana mewah. Namun, keanehan mulai terjadi, pasangan Castavet mulai seakan-akan berusaha masuk kedalam kehidupan pasangan Woodhouse. Dimulai dengan memberi satu lemari pakaian untuk Rosemary dan Guy lalu membantu dalam usaha penerbitan buku-buku Guy hingga menolong Rosemary untuk segera mendapatkan bayi kembali.

Rosemary yang kemudian hamil mulai merasakan kejanggalan akan kehamilannya dimana dia merasa sangat tersiksa dengan kehamilannya sehingga perlahan-lahan mulai kehilangan berat badannya. Kejanggalan-kejanggalan pun terjadi dan memaksa Rosemary untuk membongkar rahasia di dalam La Chimere demi keselamatan bayi di kandungannya.

 Zoe Saldana as Rosemary WoodhouseZoe Saldana as Rosemary Woodhouse

Rosemary’s Baby (2014) merupakan mini series dari NBC dimana adalah remake dari film Rosemary’s Baby (1968) yang disutradarai oleh Roman Polaski. 1968 adalah masa terbaik dari film tersebut dengan memenangkan satu piala Oscar tentu saja menjadi sebuah tantangan dalam melakukan remake salah satu film klasik teranyar ini. Mia Farrow adalah bintangnya di tahun 1968, dan di era sekarang sungguh mengejutkan seorang gadis blonde, berkulit putih tersebut digantikan oleh Zoe Saldana seorang wanita berkulit hitam. Be A Good Remake? Well, jelas mungkin itu yang diharapkan NBC dengan menaruh nama besar Saldana yang telah terkenal sebelumnya melalu film, Avatar dan Star Trek.

timeincZoe Saldana as Rosemary Woodhouse (Source: timeinc)

Tapi sayangnya, itu adalah kesalahan fatal yang dilakukan dalam menciptakan film Rosemary’s Baby di era tahun 2014 dengan settingan Paris ini. Farrow sebagai pemeran Rosemary’s di film klasikanya terlihat sangat muda dan masih hijau sedangkan Saldana didalam film ini sangat terlihat tua dan sungguh malah membuat film ini terasa aneh.

Tidak.. tidak… ini bukan rasis!

Umur Farrow ketika tahun 1968 tersebut adalah berusia 22 tahun dan sedangkan Saldana memasuki umur ke 35 tahunya di tahun 2014 ini. Tentu saja ini perbedaan yang sangat signifikan sekali. Walau dari kualitas akting sekali pun jelas Saldana bermain dengan sangat baik namun sekali lagi sayang pada akhirnya semua orang akan lupa apa yang telah dilakukan oleh Saldana dalam film ini karena kekhasan Rosemary yang muda tidak dapat ditampilkan dan itu bukan kesalahan Saldana. Ages is age.

Kemudian selanjutnya adalah setting tempat yang diubah dimana original ceritanya bertempatkan di kota New York namun di remake ini diganti menjadi kota Paris – kota mewah yang sophisticated, romantic, dan seksi. Mungkin pemilihan kota Paris terlihat dari posisi seorang Rosemary Woodhouse yang tengah hamil dan mungkin dengan setting kota Paris dapat menambah kesan old and mysterious serta klasiknya. Pada akhirnya, harus diakui ini sangat bekerja dengan baik sehingga kita bisa menikmati kota Paris tanpa bayang-bayang New York di film originalnya.

Olivier Rabourdin as Commisioner FontaineOlivier Rabourdin as Commisioner Fontaine

Mini series Rosemary’s Baby (2014) memakan paruh waktu 240 menit atau dengan kata lain dua jam, lebih lama dari film originalnya, yaitu 136 menit. Perbedaan durasi yang seratus persen ini ternyata tidak memberikan sebuah keistimewaan atau kebaruan namun yang ada malah memperlama dan menambah bosan ceritanya. Menampilkan lebih nyata adegan gore nya namun ternyata tidak memberikan kesan mendalam yang sangat cukup berarti untuk diingat.

bloodydisgustingPoster Rosemary’s Baby (Source: bloodydisgusting)

Lupakan Saldana, masih ada juga jejeran artis lainnya, yaitu Patrick J. Adams (pemain series ‘SUITS’), Carole Bouquet, Christina Cole, Jason Isaacs yang sama-sama bermain dengan sesungguhnya sangat baik di mini series ini namun lagi-lagi akan sangat dengan cepat terlupakan.

Christina Cole as JulieChristina Cole as Julie

Pada akhirnya, remake Rosemary’s Baby yang dijadikan mini series ini tidak sungguhlah berarti sama seperti halnya dengan remake Carrie yang dirasa sangat membuang waktu percuma untuk membuatnya, membuang-buang uang dan membuang-buang tenaga. Rosemary’s Baby (2014) merupakan hal yang sangat membuang waktu terutama dari segi menontonnya. Jangan terlalu mengharapkan ekspektasi yang banyak terhadap mini series ini karena pada akhirnya hanya dibutuhkan sebuah helaian napas yang pelan setelah menonton mini series berdurasi dua jam ini.

05

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s