REVIEW “AGENT OF S.H.I.E.L.D” (2013 – )

Marvel is never end!

 

S.H.I.E.L.D (stands for Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division) adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam penanganan masalah terkait dengan kegiatan yang tidak dapat dijelaskan akal sehat serta mengkoordinir dalam satu pasukan The Avengers. Mungkin kira-kira seperti itulah singkatnya.

S.H.I.E.L.D sangat berkaitan erat dalam segala kegiatan para superheroes di dunia marvel sehingga mau tidak mau akhirnya cerita original yang berasal dari komik ini pun diangkat dalam layar kaca dalam bentuk serial televisi.

Agent of S.H.I.E.L.D memulai pilot episodenya dengan menampilkan kembali Phil Coulson (diperankan oleh Clark Gregg) yang tengah membentuk sebuah satuan tim untuk divisinya, terdiri dari scientist Fitz (diperankan oleh Iain De Caestecker) dan Jemma (diperankan oleh Elizabeth Henstridge), dan tim combat May (diperankan oleh Ming-Na Wen) dan Ward (diperankan oleh Brett Dalton). Kilas balik, sebelumnya karakter Phil Coulson telah muncul terlebih dahulu dalam The Avengers (2012) dan dinyatakan tewas dalam pertarungan di New York namun dia kembali muncul dalam di serial televisi ini dengan menaruh plot bahwa sebenarnya dia hanya kehilangan nyawa beberapa detik dan berhasil diselamatkan oleh para scientist S.H.I.E.L.D dan mesti dirahasikan dari para tim The Avengers agar semangat mereka terpacu akibat kematian Phil.

Episode pilot serial ini berfokus kepada pencarian pria misterius yang memiliki kemampuan khusus layaknya superheroes ditengah-tengah pencarian pria tersebut terdapat seorang hacker wanita bernama Skye (diperankan oleh Chloe Bennet) yang berusaha agar pria misterius, Mike Peterson (diperankan oleh J. August Richard) mengungkap dirinya kepada dunia dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun sayang, tindakan Skye tersebut berhasil dicegah oleh tim Coulson dan malah berhasil menahan Skye didalam pesawat mereka. Episode pertama ini sebenarnya tidak terlalu memperlihatkan sebuah kemewahan visual efek ataupun cerita yang dapat langsung memastikannya bertahan di layar televisi namun sebagai pecinta Marvel tentu mereka sudah mempersiapkan beberapa kejutan-kejutan untuk episode selanjutnya.

Phil Coulson (Clark Gregg). source: imdb.com

Phil Coulson (Clark Gregg). source: imdb.com

Satu hal yang cukup penting bagi para penonton yang selalu menikmati film Marvel (Thor, Iron Man, Captain America,etc) ternyata sekaan dipaksa untuk diwajibkan menonton serial ini karena semacam sebuah jaringan yang terkoneksi satu sama lain serial ini membahas pula kejadian-keajadian seusai perang di dalam film Thor : The Dark World (2013) dan bahkan kejadian sebelum serta setelah Captain America : Winter Soldier (2014) dimana S.H.I.E.L.D diketahui memiliki banyak agent yang berada di bawah HYDRA. Walaupun apabila tidak terlalu cukup membingungkan apabila tidak menonton serial ini dengan hanya menikmati film bioskop saja namun pastinya akan terasa sangat berbeda apabila ditambah dengan menonton serial ini. Serasa melengkapi potongan cerita di dalam setiap filmnya yang tidak mungkin disampaikan.

Grant Ward (Brett Dalton). Source: imdb.com

Grant Ward (Brett Dalton). Source: imdb.com

Agent of S.H.I.E.L.D pun pada akhirnya berfokus kepada pencarian sebuah organisasi gelap Centipade yang melakukan eksperimen terhadap manusia untuk dijadikan manusia super layaknya Captain America ditengah-tengah itu pula misteri pun mulai terkuak dengan kematian Coulson yang ternyata sebenarnya dia tidak meninggal dalam waktu beberapa detik namun beberapa jam atau dengan kata lain dia dihidupkan kembali dengan suatu teknik yang tidak bisa dijelaskan oleh siapapun kecuali Director Furry (diperankan oleh Samuel L. Jackson). Dan hal tersebut lah yang paling diincar oleh organisasi Centipade.

Misteri lainnya pun adalah dengan kehadiran Skye yang sebelumnya hanya seorang hacker dengan kemampuan diatas rata-rata namun ternyata memiliki sebuah tabir misteri dimana dia seorang yatim piatu dan diselamatkan oleh seorang Agent S.H.I.E.L.D dikala tempatnya dibumihanguskan tidak tersisa dan orang-orang mengejar dirinya untuk alasan yang belum diketahui hingga dipenghujung final season serial ini.

Skye (Chloe Bennet). Source: imdb.com

Skye (Chloe Bennet). Source: imdb.com

Walaupun hanya sebatas serial semata namun ternyata para penggagasnya termasuk, Josh Wheddon sendiri sangat ambisius hingga bahkan memunculkan Maria Hill (diperankan oleh Cobie Smulder) dan Director Furry yang jelas-jelas memakan banyak biaya untuk memunculkan mereka di sebuah serial televisi.

Beberapa karakterpun hampir semuanya nyaris tidak kuat sama sekali kecuali tetap karakter Phil Coulson serta dua scientis nya Fitz dan Jemma yang seorang nerd geek dengan segala kegiatan ilmiah mereka yang cukup lumayan menghibur karena setidaknya memiliki karakter yang penuh warna ketimbang anggota lainnya yang sangat gelap dan misterius serta dingin hingga tanpa sadar kita penontonnya pun menjadi menggigil.

Leo Fitz (Iain De Caestecker). Source: imdb.com

Leo Fitz (Iain De Caestecker). Source: imdb.com

Jemma Simmons (Elizabeth Henstridge). Source: imdb.com

Jemma Simmons (Elizabeth Henstridge). Source: imdb.com

Serial televisi ini memiliki jumlah episode sebanyak 22 dengan running time 40 menit setiap episodenya hingga serial yang menutup season pertamanya di bulan May 2014 ini ternyata bisa dibilang hanya berjalan datar sama sekali tanpa dipenuhi dengan kekhasan Marvel seperti komedi yang sesungguhnya sangat mengocok perut. Cerita pun bisa dibilang standar dengan bumbu yang sama tanpa ada kebaruan hanya sebuah flash action semata saja. Ekspektasi yang besar untuk mengusung nama besar pun harus gugur juga pada serial ini walau bisa dibilang serial ini tidak buruk juga.

 

THE PREDICT

 

Serial ini hanya sebuah serial biasa dengan mengusung nama besar MARVEL sehingga mampu membuatnya bertahan dengan jajaran film yang telah besar dan berhasil meraup keuntungan besar pula ditambah lebih dari jutaan mata telah menontonnya sehingga kedepannya walaupun dengan berakhirnya season pertama yang bisa dibilang mengecewakan namun tetap dapat optimis bertahan lanjut di musim kedua dengan harapan plot cerita dapat berjalan lebih baik tanpa perlu bertele-tele. Mungkin sebuah mini-series harus dipertimbangkan.

Melinda May (Ming Na Wen). Source: imdb.com

Melinda May (Ming Na Wen). Source: imdb.com

 

07

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s