REVIEW “THE BATTERY” (2012)

Low-budget Z movie! Its FANTASTIC!!!

 

Seorang dua pemain baseball, Ben (diperankan oleh Jeremy Gardner) dan Mickey (diperankan oleh Adam Cronheim) bersama-sama berusaha untuk bertahan hidup akibat dunia yang telah diserang oleh zombie dimana mereka berdua memiliki karakter yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ben yang memiliki kemampuan bertahan diri sangat tinggi dimulai dari membunuh, hidup secara nomaden serta compang camping sementara Mickey yang tidak dapat menerima realita dengan dunia baru dan hidup bersama mahluk pemakan manusia sehingga dia memilih untuk tenggelam kedalam dunianya sendiri bersama dengan Walkman-nya. Namun saat itu berubah, ketika sebuah radio transmisi menerima sinyal akan kehidupan lain memaksa Mickey berusaha menemukan mereka yang masih hidup namun ternyata tanpa diduga kehadiran mereka berdua sama sekali tidak disambut dengan baik.

Poster "The Battery (2012)". Source: imdb.com

Poster “The Battery (2012)”. Source: imdb.com

*****

Sama halnya dengan film zombie lainnya yang selalu mengisahkan tentang bagaimana sebuah perjuangan antara hidup atau mati. The Battery tetap mengusung tema seperti itu tapi jangan coba-coba sungkan lalu berpaling dari film yang berdurasi 100 menit ini karena ini adalah sebuah film low-budget­ yang tidak murahan namun dipenuhi dengan komedi satir yang cerdas, brilliant dan fantastik.

Film ini tidak hanya sekedar menceritakan bagaimana bertahan hidup semata tetapi film ini tidak juga sama halnya dengan serial The Walking Dead yang mengusung bagaimana manusia bertahan hidup dan berubah drastis hingga lebih kejam dari zombie itu sendiri dia hanya menawarkan sebuah cerita persahabatan antar dua orang ditengah gelapnya dunia tapi tanpa putus asa malah bersikap layaknya manusia yang rindu rumah, tempat tidur, dan wanita.

Walau Mickey yang bahkan tidak bisa membunuh zombie dan bahkan enggan mengucapkan kata ‘z’ yang dianggapya terlarang tersebut sehingga membuat Ben berkata “I’m gonna fucking shoot you” kepadanya ternyata ketika saat itu dibutuhkan membuatnya bahkan menolak habis-habisan untuk menarik pelatuk karena tidak merelakan kepergian sahabatnya.

Mickey (diperankan oleh Adam Cronheim)  dalam The Battery. Source: imdb.com

Mickey (diperankan oleh Adam Cronheim) dalam The Battery. Source: imdb.com

Ben dan Mickey bagaikan sebuah representatif manusia yang utuh yang tidak sama sekali mengalami perubahan walaupun seberapa kacaunya dunia walau dilihat-lihat seperti sekaan tokoh Ben adalah sebuah prota-antagonis yang sifatnya bisa dibilang sedikit kejam namun bila ditelik kembali dia adalah sebuah survivor yang tidak akan melakukan hal sekejam governor di The Walking Dead. Ben hanya seorang manusia yang bersikap kuat dan tegar dalam menghadapi kejamnya dunia dengan ditemani sahabatnya, Mickey hingga tanpanya dunianya seakan hancur.

Tidak ini bukan cerita gay dibalut dalam zombie. Ini sebuah film zombie yang benar-benar berbeda dengan dibalut komedi-komedi satir, seperti Mickey yang teramat sangat membutuhkan kegiatan seksual hingga dengan sadar melakukan masturbasi sambil melihat zombie wanita yang berusaha menerkamnya dibalik kaca mobil. Mickey manusia yang lebih biasa lagi dan lemah sehingga Ben harus membuatnya dapat bertahan hidup.

Hal-hal yang membuat tertawa sekaligus menyedihkan adalah ketika Ben dan Mickey terjebak didalam sebuah mobil akibat ulah parah orang-orang yang berusaha ditemukan Mickey. Dengan kondisi kunci mobil yang tidak dapat ditemukan mereka terpaksa mendekam didalam mobil untuk berhari-hari karena dikepung oleh para zombie. Uniknya malah tidak dihadirkan secara drama yang menyedihkan dan dipenuhi depresi malah dibuat hingga mengocok perut tak henti dengan kelakuakan mereka berdua yang harus bertahan hidup. Dibalik dengan ketakutan kehabisan makanan dan air didalam mobil mereka malah lebih merasa depresi melihat wajah zombie disekeliling mobil berserta suara-suara erangan yang menganggu telinga mereka.

Ben dan Mickey yang terjebak didalam mobil berhari-hari dalam The Battery. Source: imdb.com

Ben dan Mickey yang terjebak didalam mobil berhari-hari dalam The Battery. Source: imdb.com

*****

The Battery memenangkan penghargaan “Audience Award for Best Feature” di Dead by Dawn, Scotland’s International Horror Film Festival pada tahun 2013. Film ini juga berhasil meraih penghargaan “Audience Award for Best Feature” di Mauvais Genre Film Festival pada tahun yang sama. Tidak hanya dua festifal saja yang berhasil dimenangkan film ini tetapi dia berhasil meraih juga sebagai “Best Zombie Apocalypse Film” di Fantaspoa International Film Festival, Brazil. Beserta empat penghargaan sekaligus diambil pada Toronto After Dark Film Festival 2013, sebagai “Audience Award for Best Feature Film”, “Best Screenplay”, “Best Music”, dan “Best Poster”. Jeremy Gardner selaku sutradara, penulis naskah dan bahkan aktor sekaligus ini pastinya sangat tersenyum lebar dengan deretan piala yang diberikan kepadanya dan memenuhi ruangan kerjanya.

Jeremy Gardner (sutradara, penulis naskah, pemain) dalam The Battery. Source: imdb.com

Jeremy Gardner (sutradara, penulis naskah, pemain) dalam The Battery. Source: imdb.com

The Battery pada akhirnya merupakan sebuah film sederhana dengan low-budget yang mampu menghadirkan cerita fantastik. Walau lagi-lagi mungkin terbelik pertanyaan dengan film bertemakan sebuah zombie mengapa mengusung judul “the battery” ?. buat Ben dan Mickey yang jenuh ternyata Walkman Mickey membuat hidup mereka berdua tidak terasa sepi namun dipenuhi oleh lagu-lagu yang membuat rindu tapi apabila baterai tersebut habis apakah hidup mereka akan tetap sama kembali atau mungkin “the battery” tidak lebih dari sebuah satir bagaimana hidup atau nyawa diibaratkan sebagai kehidupan baterai yang tidak dapat diisi ulang. Yang jelas, film ini adalah sebuah film wajib tonton dan harus menjadi koleksi dirumah.

 

08

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s