REVIEW FILM “KINGSMAN: THE SECRET SERVICE” (2015)

MORE THAN KICK – ASS !

Colin Firth KINGSMAN - kgiaji.wordpress.com

Colin Firth KINGSMAN – kgiaji.wordpress.com

Film dengan tema agen mata-mata intel sudah begitu banyak menghiasi layar kaca bahkan hingga anak-anak turut mengambil peran dalam hal ini, sebut saja spy kids walau menoreh rating dan pendapatan buruk tetap tidak surut untuk di produksi. Kita juga lebih mengenal agen intel 007, James Bond yang telah bersemanyam lebih dari puluhan tahun dan bahkan hendak kembali di produksi dengan tetap diperankan oleh Daniel Craig. Ketenaranan serta kesuksesan biopik karakter James Bond tampaknya tidak membuat surut keinginan Matthew Vaughn untuk mengangkat sebuah cerita organisasi yang berpusat pada kota Inggris.

THE MOVIE

KINGSMAN: The Secret Service (2015) berceritakan tentang organisasi rahasia berpusat di kota London dengan agen-agen rahasia berasal dari Inggris. Kisah ini berpusat kepada Eggsy (Taron Egerton) yang merupakan anak dari agen Kingsman yang meninggal ketika menyelamatkan Harry (Colin Firth). Harry sendiri berjanji akan membantu keluarga agen tersebut apabila dibutuhkan hingga akhirnya masa itu pula datang dimana Eggsy membutuhkan bantuannya.

Eggsy (Taron Egerton) and Harry (Colin Firth) - kgiaji.wordpress.com

Eggsy (Taron Egerton) and Harry (Colin Firth) – kgiaji.wordpress.com

Kisah ini sebenarnya dimulai dengan sangat sederhana bahkan tidak mengambil risiko banyak yang cukup berarti namun dengan teknik serba ‘kill bastard – kick ass’ – nya menjadi nilai tersendiri bagi film ini. Jangan lupakan adegan Slow-Mo nya yang dapat membuat ‘geregetan’ terhadap film ini. Sepanjang alur 30 menit pertama kita hanya dibuat untuk memperkenalkan setiap tokoh penting dengan kesejarahannya serta konflik pribadi yang dialami oleh dirinya.

Ini bukanlah sebuah kelemahan dalam film tetapi malah kekuatan yang cukup mampu menendang dalam memahami nalar film yang tengah di kembangkan oleh Vaughn ini. Karena berbeda dengan film sebelumnya kali ini dia tidak membuat film yang berasal dari komik, seperti layaknya Kick Ass dan Xmen: First Class yang pernah di sutradarainya.

KINGSMAN VS James Bond

James Bond adalah film yang berdasarkan karakter fiktif James Bond, agen M16 (007) dimana awalnya kemunculkannya terdapat dalam seri buku karangan Ian Fleming. Tokoh fiktif ini sudah lebih dari 50 tahun tetap di produksi dan semakin banyak penikmat setianya yang terus menunggu kisah-kisahnya. Sudah banyak aktor yang memerankan tokoh fiktif ini seiring bergantinya tahun.

Tokoh agen dalam film ini selalu identik dengan tuxedo mewah serta peralatan canggih bersama wanita pendampingnya yang ‘hot’, dan ‘super sexy’. Karakter maskulinitas pada pria dan dominasinya sangat berperan dalam film mata-mata ini.

KINGSMAN: THE SECRET SERVICE - kgiaji.wordpress.com

KINGSMAN: THE SECRET SERVICE – kgiaji.wordpress.com

Kingsman sendiri mengambil pola yang sama dengan agen mata-mata berpakaian serba mahal dan peralatan super canggih. Bedanya tidak ditemukan kasus multi twist dengan tokoh wanita cantik sebagai pasangan agen (affair) disini. Serta suasana atmosfer gelap dan intensi drama tidak ditemukan pula. Tetapi tingkah jenaka dan kocak serta bloddy hell khas Kick Ass malah ditemukan.

Dari segi villain sendiri, Kingsman mengambil tokoh Valentine (Samuel L Jackson) beserta pendamping wanitanya Gazelle (Sofia Boutella). Tokoh musuh ini memiliki khas yang satir dengan pemikiran ‘penyelamatan bumi’ namun memiliki dampak mengakhiri kehidupan karena embel embel kepadatan penduduk yang membuat sumber daya alam semakin lama akan habis dalam kurun waktu tertentu.

Isu yang diangkat pun memiliki nilai sosial tidak sama halnya dengan film mata-mata yang mengedepankan nilai intrik pribadi atau perebutan senjata pembunuh massive serta balas dendam. Kingsman menawarkan sebuah ide cerita berbeda yang memiliki intrik sederhana namun dapat melekat di jiwa pecintanya.

The Orgasm

Valentine (Samuel L Jackson) and Gazelle (Sofia Boutella) - kgiaji.wordpress.com

Valentine (Samuel L Jackson) and Gazelle (Sofia Boutella) – kgiaji.wordpress.com

Kingsman: The Secret Service adalah sebuah film yang jenaka namun berhasil membawa keseriusan dan memulai sebuah seri film (mungkin) dengan sangat baik sekali. Vaughn sendiri tidak mengubah style dan bahkan sangat terasa sekali Kick-Ass di dalam film ini dari adegan serba berdarahnya tetapi dapat membuat gelak tawa berdecak kagum. Adegan kepala meledak dengan satir petasan adalah yang terbaik di antara terbaik, sebuah fenomena yang jarang ditemukan dalam film mata-mata yang mengedepankan keseriusan.

Jangan lupakan promosi Mcd besar-besaran serta Guinness Beer yang sangat frontal (apapun akan dilakukan demi mendapatkan suntikan dana). Nyatanya promosi itu cukup ampuh hingga membuat penulis untuk mencoba beer dan junk food tersebut.

09

Advertisements

One thought on “REVIEW FILM “KINGSMAN: THE SECRET SERVICE” (2015)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s